×

Terik di Padang Arafah mendatangkan semangat jihad

  • Posted:
  • Author:
Terik di Padang Arafah mendatangkan semangat jihad

Saat prosesi wukuf, suhu di Arafah cukup panas, sekitar 40 derajat Celcius. Sebagian jamaah bertahan di dalam tenda sambil khusuk berdoa, dan sebagian keluar tenda untuk mencari angin karena kegerahan.

Mekah - Setelah panas terik siang hari, padang Arafah yang menjadi tempat wukuf para jemaah haji diguyur hujan menjelang sore, Sabtu (10/8/2019).

Awan mendung dan suara gemuruh sudah terdengar di atas langit Arafah sejak pukul 14.45 waktu Arab Saudi. Dan bisa ditebak, tak lama kemudian gemericik air turun dengan intensitas ringan.

Pun demikian, hujan tak datang sendiri, melainkan juga dengan kibasan angin yang cukup kencang. Sejumlah ornamen di tenda-tenda Arafah sampai harus dipindahkan. Namun kondisi ini membuat suasana padang Arafah yang sebelumnya panas terik menjadi lebih sejuk.

Waktu menunjukkan sekitar pukul 14.45 Waktu Arab Saudi (WAS). Jemaah haji seluruh dunia, sedang berdiam diri di dalam tenda masing-masing, melaksanakan rangkaian wukuf di Padang Arafah.

Setelah cuaca panas mendera hingga 36 derajat, terjadi perubahan tiba-tiba di Arafah. Dari dalam tenda, mulai terdengar petir menyambar di langit.  Tampak awan menghitam. Tak lama rintik hujan turun, membasahi Tanah Arafah. Kian lama kian deras diiringi angin.

Beberapa jemaah haji dari tenda nomor 28,tempat jasminetourandtravel.com berdiam diri, tampak bergegas menuju pintu tenda. Penasaran benarkah hujan turun di tengah proses ibadah wukuf.

Ucapan syukur keluar, saat tangan menggapai air jatuh dari langit. Hujan berkah mengiringi puncak haji di Arafah.

"Hujan ini mendinginkan kita, mengantarkan kepada kesejukan," ucap jemaah haji bernama Efa Ariani.

Dia pun tampak semringah dan seakan tak peduli hujan membasahi baju ihram yang dipakainya.

Syafruddin, jemaah haji asal Media Center Haji (MCH) menuturkan jika salah satu waktu mustajab saat berdoa adalah ketika hujan.

Dia pun mengajak melantunkan doa untuk diri sendiri diri, keluarga maupun umat Islam lainnya.

"Doa saat hujan, Allahumma shayyiban naafi'an. Semoga hujan yang turun membawa manfaat dan keberkahan," jelas dia.

Dari pantauan, hujan berlangsung sekitar setengah jam. Rintik air tak lagi terlihat meski suara petir masih terdengar.

Guyuran hujan ini berlangsung setelah 45 menit jemaah haji Indonesia menyelesaikan rangkaian ibadah wukuf. Mulai dari pembacaan Alquran, salat berjamaah, khutbah wukuf hingga berdoa bersama.

Khutbah wukuf di Arafah disampaikan K.H. A. Bunyamin Ruhiyat, dengan tema menggapai kemabruran haji.

Turut memberi sambutan Amirul Hajj selaku Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan wukuf di Padang Arafah adalah medium kembali ke jati diri. Kemampuan untuk berkontemplasi, berdiam diri melakukan refleksi mengenali jati diri sesungguhnya sebagai manusia.

Hal ini sesuai dengan ajaran Agama  Islam yang menitiktekankan pada aspek kemanusiaan. 

Apa Kata Mereka

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

Alhamdulillah bisa melaksanakan Ibadah Umroh dengan Jasmine Tour & Travel

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

HOSNI BADRI MISKUM

Dari beberapa Travel Umroh yang telah kami ikutin, InsyaAllah Travel Jasmine adalah salah satu travel yang sangat mengedepankan pelayanan, fasilitas dan kepuasan Jamaah saat berada di tanah Suci. sukses selalu Jasmine Tours.

HOSNI BADRI MISKUM

AHMAD RAKHA HASIBUAN RAMLI

Travel Haji dan Umroh Recommended

AHMAD RAKHA HASIBUAN RAMLI

H. MUKTASIM MUSTOPA HAKIM, MADURA

Jasmine Tours siap mengantarkan Jamaah Umroh Keluarga. Fasilitas Hotel Bintang 5 dan makanannya ala Indonesia dan Arab

H. MUKTASIM MUSTOPA HAKIM, MADURA

H. MUCHAMMAD ROMLI MAT HADI, SURABAYA

Alhmadulillah dapat melaksanakan Ibadah Umroh Bersama Jasmine Tours. Dengan Fasilitas yang sangat memuaskan, juga dengan muthowwif yang sangat berpengalaman menjadi nilai plus trvael ini

H. MUCHAMMAD ROMLI MAT HADI, SURABAYA