×

Tips belanja cerdas

  • Posted:
  • Author:
Tips belanja cerdas

Tips belanja cerdas

Tips belanja cerdas

  1. Catat barang-barang yang ingin anda beli sejak dari tanah air.
  2. Tukarkan mata uang rupiah anda riyal saudi arabia di indonesia. Tapi, jika uang anda dollar amerika sebaiknya ditukar di tanah suci saja. Perbedaan nilai tukar uang bisa membantu anda berhemat.
  3. Teliti kembali daftar belanjaan anda setelah melakukan survey di tanah suci.
  4. Atur jadwal belanja dengan baik agar tidak bertabrakan dengan jadwal kegiatan haji / umroh.
  5. Pada bulan haji, barang-barang biasanya cukup mahal, lakukan tawar-menawar. Apabila pedagang mengatakan “kalam akhir” itu bukan berarti harganya sudah tidak dapat ditawar. Terus lakukan penawaran agar mendapatkan harga yang murah. Harga yang ditawarkan para pedagang bisa turun hingga sepertiganya.
  6. Haraga barang di Madinah lebih mahal dari pada di Makkah, tapi untuk buah kurma, harga di Madinah lebih murah dan kualitasnya lebih bagus dibandingkan di Makkah.
  7. Pedagang arab menganggap orang indonesia suka berbelanja tanpa banyak pertimbangan. Karena itu, harga yang ditawarkan kepada orang indonesia kadang lebih mahal, jadi berhati-hatilah.
  8. Berbelanjalah secara bergerombol untuk meminta pertimbangan harga dari teman-teman anda.
  9. Oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman sebenarnya dapat di beli di tanah air, seperti di pasar tanah abang, jakarta. Belanja oleh-oleh di tanah air jauh lebih hemat.
  10. Belilah barang sesuai kebutuhan. Belanja secara berlebihan dilarang oleh agama. Selain itu, kapasitas barang bawaan anda juga dibatasi hanya sampai 40 kg.
  11. Untuk barang yang harganya ratusan riyal, tawarlah hingga 50 % dibawahnya. Misalnya, jika harga satu barang 200 riyal, tawarlah 100 atau 90 riyal. Jika harganya puluhan riyal, para pedagang umumnya hanya mengambil untung sedikit.
  12. Barang-barang, merk terkenal yang ditawarkan dijalan-jalan dan dibandrol dengan harga murah, bisa di pastikan paslu.

Apa Kata Mereka

H. MUCHAMMAD ROMLI MAT HADI, SURABAYA

Alhmadulillah dapat melaksanakan Ibadah Umroh Bersama Jasmine Tours. Dengan Fasilitas yang sangat memuaskan, juga dengan muthowwif yang sangat berpengalaman menjadi nilai plus trvael ini

H. MUCHAMMAD ROMLI MAT HADI, SURABAYA

HUNAIDAH ACHMAD SYAMLAN, SITUBONDO

Walaupun aku diberi kesempatan bebarapa kali umroh sama Allah, tapi nggak tahu kenapa umrah kali ini bener-bener kena banget. Insyaallah. Terima kasih buat Jasmine Tours. Terima kasih banyak. Aku cuma bisa berdoa, aku bisa umroh lagi di Jasmine Tours. Insyaallah bisa haji. Amin.

HUNAIDAH ACHMAD SYAMLAN, SITUBONDO

ABDUR RACHMAN RASYID

Syukur yang tak terhingga kami ucapkan dapat melaksanakan Ibadah Umroh bersama Jasmine Tour & Travel. Dengan pelayanan dan fasilitas yang sangat memuaskan. Sukses selalu buat Travel Jasmine Tours Umroh & Hajj Service

ABDUR RACHMAN RASYID

HJ. LILIK MUSTOFA MARHADJI, SURABAYA

Jasmine Tours adalah salah satu biro travel umroh yang sangat berpengalaman baik dari segi pelayanan dan fasilitasnya

HJ. LILIK MUSTOFA MARHADJI, SURABAYA

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

Alhamdulillah bisa melaksanakan Ibadah Umroh dengan Jasmine Tour & Travel

SALWA NATUN WADIAH RAMLI