×

Mozaik Peradaban Islam


judul

Piagam Madinah; Sebuah Model Konstitusi Tertulis Pertama Dalam Sejarah (3)

  • Posted: 31-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai sejarah dan dasar-dasar dibuatnya Piagam Madinah, berikut ini adalah isi dari Piagam Madinah yang di dalamnya terkandung sebanyak 47 Pasal :
judul

Piagam Madinah; Sebuah Model Konstitusi Tertulis Pertama Dalam Sejarah (2)

  • Posted: 31-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Beberapa ahli memberikan nama-nama yang berbeda kepada Shahifat. Ada yang menyebutnya “perjanjian” (treaty), karena nabi membuat perjanjian persahabatan antara Muhajirin dan Ansar sebagai Komunitas Islam di satu pihak dan antara kaum muslimin dan kaum Yahudi serta sekutu-sekutu mereka di pihak lain agar mereka terhindar dari pertentangan suku serta bersama-sama mempertahankan keamanan kota Madinah dari serangan musuh untuk hidup berdampingan secara damai sebagai inti dari persahabatan.
judul

Piagam Madinah; Sebuah Model Konstitusi Tertulis Pertama Dalam Sejarah (1)

  • Posted: 30-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Catatan historis timbulnya Negara konstitusional, sebenarnya merupakan proses sejarah yang panjang dan selalu menarik untuk dikaji. Jauh sebelum pemikir-pemikir Barat mengemukakan temuan mereka atas berbagai konstitusi di Yunani, sejarah Islam telah mencatat bahwa sejak zaman Rosulullah Muhammad Saw telah lahir konstitusi tulis yang pertama, yang kemudian dikenal dengan Konstitusi Madinah atau ada juga yang menyebutnya sebagai Piagam Madinah.
judul

Sirah Rasul: Terobosan Besar Hijrah (7)

  • Posted: 28-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Nabi berkata kepada sekutu barunya yang sekarang akan kita sebut dengan nama Islam mereka, al-Anshâr (artinya ‘para penolong’), untuk kembali ke tenda mereka masing-masing. Diselimuti kegelapan, mereka membubarkan diri dengan tenang, berterimakasih kepada Allah karena memungkinkan mereka menuntaskan urusan mereka dengan Nabi. Tak seorangpun dari mereka ada yang dicari oleh kaumnya selama menghadiri pertemuan itu. Bagaimanapun, teriakan-teriakan itu cukup untuk menguak kerahasiaan pertemuan tersebut. Setelah pagi, kaum Quraisy mencium pertemuan itu dan langsung mengambil tindakan segera.
judul

Sirah Rasul: Terobosan Besar Hijrah (6)

  • Posted: 28-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Kehadiran al-Abbas dan ceramahnya yang menjadi pembuka pertemuan itu harus dilihat dari sudut pandang perkembangan masa depan hubungan antara negara yang belum lahir dan kaum Quraisy. Apa yang akan berlangsung adalah penegasan kembali kesetiaan yang radikal.

Apa Kata Mereka

AHMAD RAKHA HASIBUAN RAMLI

Travel Haji dan Umroh Recommended

AHMAD RAKHA HASIBUAN RAMLI

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

Alhamdulillah bisa melaksanakan Ibadah Umroh dengan Jasmine Tour & Travel

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

MIMIK SUHARTATIK SOEHARTO

Alhamdulillah Travel Jasmine Memberikan pelayanan yang sangat berkesan. sukses Buat Jasmine

MIMIK SUHARTATIK SOEHARTO

H. MUCHAMMAD ROMLI MAT HADI, SURABAYA

Alhmadulillah dapat melaksanakan Ibadah Umroh Bersama Jasmine Tours. Dengan Fasilitas yang sangat memuaskan, juga dengan muthowwif yang sangat berpengalaman menjadi nilai plus trvael ini

H. MUCHAMMAD ROMLI MAT HADI, SURABAYA

ABDUR RACHMAN RASYID

Syukur yang tak terhingga kami ucapkan dapat melaksanakan Ibadah Umroh bersama Jasmine Tour & Travel. Dengan pelayanan dan fasilitas yang sangat memuaskan. Sukses selalu buat Travel Jasmine Tours Umroh & Hajj Service

ABDUR RACHMAN RASYID