×

Mozaik Peradaban Islam


judul

Sirah Rasul: Terobosan Besar Hijrah (5)

  • Posted: 25-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Cara-cara Inovatif untuk Mendapatkan Pengikut Baru. Tak ayal lagi, para pengikut yang baru masuk Islam di Madinah ini sangat bersemangat dengan keimanan baru mereka. Mereka menyadari bahwa sebagai orang yang percaya pada keesaan Allah, mereka telah memulai tahapan baru dalam sejarah mereka tatkala keimanan menjadi penggerak utama. Mereka memiliki misi yang harus dipenuhi. Tugas mereka yang paling mendesak adalah mendapatkan pengikut baru untuk mengikuti keyakinan baru ini demi mengokohkan landasannya. Oleh karena itu, mereka sangat aktif dalam mewartakan risalah Islam. Mereka sangat tekun mendapatkan pengikut baru di antara mereka yang memiliki kedudukan terhormat dan berpengaruh di tengah kaum mereka. Salah seorang yang seperti itu adalah Amr bin al-Jamuh dari klan Salamah.
judul

Sirah Rasul: Terobosan Besar Hijrah (4)

  • Posted: 24-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Merangkul Anggota Baru yang berpengaruh. Mus’ab bin Umair adalah pekerja yang berdedikasi dengan perangai yang tepat untuk berbaur dengan orang asing dan mengundang mereka untuk memeluk Islam sebagai agama dan jalan hidup. Dia juga bertugas mengamati situasi secara umum dan kelayakan bagi sebuah eksodus kaum Muslim dari Makkah ke Madinah. Mungkin, dia bakal mengemban perintah-perintah lebih lanjut. Bisa dicermati bahwa dalam kontak yang telah berlangsung sejauh ini antara Nabi dan masyarakat Madinah, suku Khazraj berjumlah lebih mencolok dibandingkan suku Aws. Mungkin, hal ini terkait dengan fakta bahwa enam orang pertama yang berjumpa dengan Nabi dan memeluk Islam berasal dari suku Khazraj.
judul

Sirah Rasul: Terobosan Besar Hijrah (3)

  • Posted: 23-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Kota Yatsrib yang kini dikenal dengan nama Madinah (berarti ‘Kota’), pada masa Nabi dihuni oleh dua suku utama bangsa Arab, Aws dan Khazraj. Kedua suku ini mempunyai sejarah yang panjang dalam perang berdarah yang telah melemahkan kekuatan mereka masing-masing. Pertempuran terakhir yang bernama Bu’ath berlangsung selama dua tahun persis sebelum peristiwa yang akan diriwayatkan di bawah ini.
judul

Sirah Rasul: Terobosan Besar Hijrah (2)

  • Posted: 22-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Bagaimanapun, Nabi tidak membatasi pendekatannya kepada para delegasi suku. Setiap kali beliau mendengar tentang kedatangan seseorang yang berkedudukan terhormat di antara kaumnya ke Makkah, beliau akan mendekatinya dan menjelaskan Islam kepadanya. Dalam kasus-kasus seperti ini, beliau tidak meminta perlindungan. Beliau hanya membuat permintaan itu bila menyeru kepada suatu suku secara kolektif.
judul

Sirah Rasul: Terobosan Besar Hijrah (1)

  • Posted: 21-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Dalam kurun waktu kurang dari setahun, Nabi telah mengalami sejumlah peristiwa yang pasti mempengaruhi pemikirannya sehubungan dengan apa yang perlu beliau ikuti agar bisa menyukseskan dakwahnya. Pertama, dengan kematian isterinya Khadijah dan pamannya Abu Thalib, beliau telah kehilangan semua dukungan dan kenyamanan yang selalu beliau terima dari keduanya di dalam rumah dan di tengah masyarakat. Kedua, kegagalan perjalanannya ke Tha’if yang bertujuan untuk mengumpulkan dukungan dari luar untuk tugas dakwahnya, telah menyadarkannya akan fakta bahwa beliau betul-betul sendirian― kecuali sedikit pengikutnya―dalam menghadapi seluruh dunia. Ketiga, perjalanan malamnya ke Yerusalem (isra’ mi’raj) telah memberinya perspektif yang benar dalam memandang segenap situasi. Hal itu membawa kejelasan lebih besar pada pandangannya ihwal letak kekuatan hakiki dalam konfrontasi antara keyakinan yang benar dan musuh-musuhnya.

Apa Kata Mereka

MIMIK SUHARTATIK SOEHARTO

Alhamdulillah Travel Jasmine Memberikan pelayanan yang sangat berkesan. sukses Buat Jasmine

MIMIK SUHARTATIK SOEHARTO

AHMAD RAKHA HASIBUAN RAMLI

Travel Haji dan Umroh Recommended

AHMAD RAKHA HASIBUAN RAMLI

HJ. LILIK MUSTOFA MARHADJI, SURABAYA

Jasmine Tours adalah salah satu biro travel umroh yang sangat berpengalaman baik dari segi pelayanan dan fasilitasnya

HJ. LILIK MUSTOFA MARHADJI, SURABAYA

ABDUR RACHMAN RASYID

Syukur yang tak terhingga kami ucapkan dapat melaksanakan Ibadah Umroh bersama Jasmine Tour & Travel. Dengan pelayanan dan fasilitas yang sangat memuaskan. Sukses selalu buat Travel Jasmine Tours Umroh & Hajj Service

ABDUR RACHMAN RASYID

HUNAIDAH ACHMAD SYAMLAN, SITUBONDO

Walaupun aku diberi kesempatan bebarapa kali umroh sama Allah, tapi nggak tahu kenapa umrah kali ini bener-bener kena banget. Insyaallah. Terima kasih buat Jasmine Tours. Terima kasih banyak. Aku cuma bisa berdoa, aku bisa umroh lagi di Jasmine Tours. Insyaallah bisa haji. Amin.

HUNAIDAH ACHMAD SYAMLAN, SITUBONDO