×

Mozaik Peradaban Islam


judul

Seputar Masuknya Islam Ke China (1)

  • Posted: 15-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Berdasarkan catatan sejarah, terdapat setidaknya dua jalur utama masuknya Islam ke China. Pertama, adalah rute jalur darat, yang dikenal dengan Jalur Sutra (Silk Route). Kedua, adalah rute jalur laut, atau Jalur Rempah-rempah (Spice Route).
judul

Pertempuran Talas 751 M (3): Produksi Kertas Skala Besar, Adaptasi Teknologi dari China

  • Posted: 11-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Pertempuran Talas, memang tidak berdampak besar bagi kedua belah pihak. Pertempuran ini tidak menandai berakhir atau bangkitnya sebuah dinasti atau kekaisaran. Hanya 18 bulan sebelumnya, Abbasiyah berhasil menumbangkan rival terkuatnya, yaitu dinasti Ummayah, dan menjadi kekuatan terbesar dalam dunia Islam, yang bertahan hingga lebih dari 500 tahun. Sedangkan di China, dinasti Tang masih terus berjalan hingga 150 tahun setelah peristiwa pertempuran Talas. Secara politis, memang terjadi penurunan pengaruh dinasti Tang di China terhadap kawasan Asia Tengah. Setelah pertempuran ini, pengaruh Islam semakin kuat dan mengakar di kawasan ini. satu persatu Negara-negara koloni China menyatakan merdeka, bahkan tidak sedikit yang melakukan pemberontakan.[1] Adapun Abbasiyah sendiri, meski Islam tidak secara langsung meraih pemeluk yang banyak, namun pengaruh mereka meningkat secara gradual di kawasan ini. Hanya berselang 250 tahun setelahnya, sebagian besar suku Kristen, Hindu, Zoroaster, dan Kristen Nestorian di Asia Tengah telah menjadi Muslim.
judul

Pertempuran Talas 751 M (2): Pertempuran Dinasti Abbasiyah melawan Dinasti Tang, Kekalahan Tang

  • Posted: 11-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Kisah ini bermula ketika sebuah perselisihan pecah di antara dua kerajaan kecil, Ferghana dan Chach.[1]Orang-orang China mengirim pasukan untuk mendukung Ferghana, sementara Chach meminta bantuan orang-orang Muslim. Pada bulan Juli 751, tentara China dan Abbasiyah bertemu di Sungai Talas di tempat yang sekarang terletak di wilayah perbatasan antara Kazakhstan dan Kirgistan. Sebenarnya belum ada informasi yang sangat rinci tentang pertempuran ini. Bahkan wilayah yang disebut Talas  pun baru berhasil diidentifikasi setelah membandingkan informasi pada teks-teks yang bersumber dari Arab dan China.
judul

Pertempuran Talas 751 M (1): Pertempuran Dinasti Abbasiyah melawan Dinasti Tang, Titik Balik Peradab

  • Posted: 05-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Mari kita bayangkan sejenak, seandainya minyak bumi yang selama ribuan tahun sudah ditemukan oleh manusia, namun revolusi industri tidak pernah berlangsung di Eropa, dan mesin-mesin inovatif yang rakus mengkonsumsi minyak bumi tidak pernah dibuat. Mungkin gerak laju peradaban kita tidak akan secepat ini. Hal yang sama juga terjadi dengan “kertas”. Benda ini memang ditemukan oleh bangsa China pada tahun 105 M, oleh seorang sarjana yang bernama Cai Lun pada masa pemerintahan dinasti Han. Tapi bayangkan, bila kertas tidak pernah bertemu dengan masa keemasan peradaban Islam. Dimana manusia-manusia yang tamak ilmu lahir berduyun-duyun, menelurkan karya-karya agung yang membludak bak air bah. Dari tangan merekalah lahir penemuan-penemuan penting yang menjadi soko guru bangkitnya peradaban modern hari ini.
judul

Pengumpulan Mushaf Al-Quran

  • Posted: 04-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Pada awal kelahiran agama Islam, bangsa Arab tergolong bangsa yang buta huruf, sangat sedikit di antara mereka yang pandai menulis dan membaca. Bahkan, nabi Muhammad Saw sendiri dinyatakan sebagai nabi yang ummi, yang berarti tidak pandai membaca dan menulis.[1] Kondisi ini disebutkan dalam al-Quran surat al-Jumuah ayat (2), yaitu: “Dialah (Allah) yang mengutus kepada kaum yang buta huruf, seorang rasul dari kalangan mereka sendiri yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka al-Kitab (al-Quran) dan hikmah; dan sesungguhnya mereka itu sebelumnya benar-benar (berada) dalam kesesatan yang nyata”

Apa Kata Mereka

H. MUKTASIM MUSTOPA HAKIM, MADURA

Jasmine Tours siap mengantarkan Jamaah Umroh Keluarga. Fasilitas Hotel Bintang 5 dan makanannya ala Indonesia dan Arab

H. MUKTASIM MUSTOPA HAKIM, MADURA

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

Alhamdulillah bisa melaksanakan Ibadah Umroh dengan Jasmine Tour & Travel

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

HJ. LILIK MUSTOFA MARHADJI, SURABAYA

Jasmine Tours adalah salah satu biro travel umroh yang sangat berpengalaman baik dari segi pelayanan dan fasilitasnya

HJ. LILIK MUSTOFA MARHADJI, SURABAYA

MIMIK SUHARTATIK SOEHARTO

Alhamdulillah Travel Jasmine Memberikan pelayanan yang sangat berkesan. sukses Buat Jasmine

MIMIK SUHARTATIK SOEHARTO

HUNAIDAH ACHMAD SYAMLAN, SITUBONDO

Walaupun aku diberi kesempatan bebarapa kali umroh sama Allah, tapi nggak tahu kenapa umrah kali ini bener-bener kena banget. Insyaallah. Terima kasih buat Jasmine Tours. Terima kasih banyak. Aku cuma bisa berdoa, aku bisa umroh lagi di Jasmine Tours. Insyaallah bisa haji. Amin.

HUNAIDAH ACHMAD SYAMLAN, SITUBONDO