×

Blog Post


judul

Pertempuran Talas 751 M (1): Pertempuran Dinasti Abbasiyah melawan Dinasti Tang, Titik Balik Peradab

  • Posted: 05-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Mari kita bayangkan sejenak, seandainya minyak bumi yang selama ribuan tahun sudah ditemukan oleh manusia, namun revolusi industri tidak pernah berlangsung di Eropa, dan mesin-mesin inovatif yang rakus mengkonsumsi minyak bumi tidak pernah dibuat. Mungkin gerak laju peradaban kita tidak akan secepat ini. Hal yang sama juga terjadi dengan “kertas”. Benda ini memang ditemukan oleh bangsa China pada tahun 105 M, oleh seorang sarjana yang bernama Cai Lun pada masa pemerintahan dinasti Han. Tapi bayangkan, bila kertas tidak pernah bertemu dengan masa keemasan peradaban Islam. Dimana manusia-manusia yang tamak ilmu lahir berduyun-duyun, menelurkan karya-karya agung yang membludak bak air bah. Dari tangan merekalah lahir penemuan-penemuan penting yang menjadi soko guru bangkitnya peradaban modern hari ini.
judul

Pengumpulan Mushaf Al-Quran

  • Posted: 04-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Pada awal kelahiran agama Islam, bangsa Arab tergolong bangsa yang buta huruf, sangat sedikit di antara mereka yang pandai menulis dan membaca. Bahkan, nabi Muhammad Saw sendiri dinyatakan sebagai nabi yang ummi, yang berarti tidak pandai membaca dan menulis.[1] Kondisi ini disebutkan dalam al-Quran surat al-Jumuah ayat (2), yaitu: “Dialah (Allah) yang mengutus kepada kaum yang buta huruf, seorang rasul dari kalangan mereka sendiri yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka al-Kitab (al-Quran) dan hikmah; dan sesungguhnya mereka itu sebelumnya benar-benar (berada) dalam kesesatan yang nyata”
judul

Piagam Madinah; Sebuah Model Konstitusi Tertulis Pertama Dalam Sejarah (3)

  • Posted: 31-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai sejarah dan dasar-dasar dibuatnya Piagam Madinah, berikut ini adalah isi dari Piagam Madinah yang di dalamnya terkandung sebanyak 47 Pasal :
judul

Piagam Madinah; Sebuah Model Konstitusi Tertulis Pertama Dalam Sejarah (2)

  • Posted: 31-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Beberapa ahli memberikan nama-nama yang berbeda kepada Shahifat. Ada yang menyebutnya “perjanjian” (treaty), karena nabi membuat perjanjian persahabatan antara Muhajirin dan Ansar sebagai Komunitas Islam di satu pihak dan antara kaum muslimin dan kaum Yahudi serta sekutu-sekutu mereka di pihak lain agar mereka terhindar dari pertentangan suku serta bersama-sama mempertahankan keamanan kota Madinah dari serangan musuh untuk hidup berdampingan secara damai sebagai inti dari persahabatan.
judul

Piagam Madinah; Sebuah Model Konstitusi Tertulis Pertama Dalam Sejarah (1)

  • Posted: 30-10-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Catatan historis timbulnya Negara konstitusional, sebenarnya merupakan proses sejarah yang panjang dan selalu menarik untuk dikaji. Jauh sebelum pemikir-pemikir Barat mengemukakan temuan mereka atas berbagai konstitusi di Yunani, sejarah Islam telah mencatat bahwa sejak zaman Rosulullah Muhammad Saw telah lahir konstitusi tulis yang pertama, yang kemudian dikenal dengan Konstitusi Madinah atau ada juga yang menyebutnya sebagai Piagam Madinah.

Apa Kata Mereka

HJ. LILIK MUSTOFA MARHADJI, SURABAYA

Jasmine Tours adalah salah satu biro travel umroh yang sangat berpengalaman baik dari segi pelayanan dan fasilitasnya

HJ. LILIK MUSTOFA MARHADJI, SURABAYA

H. MUKTASIM MUSTOPA HAKIM, MADURA

Jasmine Tours siap mengantarkan Jamaah Umroh Keluarga. Fasilitas Hotel Bintang 5 dan makanannya ala Indonesia dan Arab

H. MUKTASIM MUSTOPA HAKIM, MADURA

HJ. HORIYAH USMAN ARJATIN, SURABAYA

Assalamualaikum wr wb. Alhamdulillah Kami Sekeluarga sudah selesai umrahnya. Terima kasih untuk Jasmine Tours. Umrah kali ini sangat berkesan banget karena kami sekeluarga merasa satu tim itu benar-benar kekeluargaan banget. Dan dari Pak Ustadz pembimbingnya juga sangat luar biasa. Ngasih masukannya juga dalam, kena banget di hati.

HJ. HORIYAH USMAN ARJATIN, SURABAYA

AHMAD RAKHA HASIBUAN RAMLI

Travel Haji dan Umroh Recommended

AHMAD RAKHA HASIBUAN RAMLI

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

Alhamdulillah bisa melaksanakan Ibadah Umroh dengan Jasmine Tour & Travel

SALWA NATUN WADIAH RAMLI