×

Blog Post


judul

Invasi Mongol ke Baghdad 1258 M (1)

  • Posted: 15-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Penaklukan kota Baghdad oleh tentara Mongol pada tahun 1258, dikenal sebagai titik balik kejadian yang mengubah wajah peradaban Islam hingga hari ini. Ironisnya, durasi penaklukan ini hanya berlangsung selama 13 hari, dari tanggal 29 Januari sampai 10 Februari 1258 M. Dikabarkan, selama berhari-hari pasukan Mongol menyiksa, memperkosa, dan menganiaya penduduk Baghdad tanpa henti. Tidak jelas tepatnya jumlah korban dalam agresi ini. Namun para ahli memperkirakan, 90.000 sampai 1 juta rakyat Baghdad meregang nyawa. Aroma cendana dari furniture berkualitas tinggi dan naskah-naskah akademik yang terbakar menyeruak seantero Baghdad selama berhari-hari. Sekitar 3000 bangsawan kekhalifahan Abbasiyah di hukum mati. Dan Al-Musta’sim, Khalifah ke-37 Bani Abbas, dibiarkan hidup sambil menyaksikan kekejaman ini selama berhari-hari, hingga ia akhirnya ikut dieksekusi dengan cara yang tragis.
judul

Seputar Masuknya Islam Ke China (2)

  • Posted: 15-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Adapun fakta yang cukup akurat mengenai pertama kalinya Islam masuk ke China adalah berdirinya masjid Huaisheng di Guangzhou yang merupakan masjid tertua di China. Dalam manuskrip China disebutkan Masjid ini dibangun pada tahun 672 M. Cerita yang berkembang, masjid ini didirikan oleh sahabat Nabi yang bernama Sa`d ibn Abi Waqqas. Meskipun sejauh ini belum ada bukti yang sangat meyakinkan bahwa Sa`d ibn Abi Waqqas pernah pengunjungi wilayah ini pada masa awal Hijrah, namun cerita yang berkembang masih meyakini bahwa beliaulah orang pertama yang datang dan memperkenalkan Islam di negeri Tirai Bambu ini. [1]
judul

Seputar Masuknya Islam Ke China (1)

  • Posted: 15-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Berdasarkan catatan sejarah, terdapat setidaknya dua jalur utama masuknya Islam ke China. Pertama, adalah rute jalur darat, yang dikenal dengan Jalur Sutra (Silk Route). Kedua, adalah rute jalur laut, atau Jalur Rempah-rempah (Spice Route).
judul

Pertempuran Talas 751 M (3): Produksi Kertas Skala Besar, Adaptasi Teknologi dari China

  • Posted: 11-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Pertempuran Talas, memang tidak berdampak besar bagi kedua belah pihak. Pertempuran ini tidak menandai berakhir atau bangkitnya sebuah dinasti atau kekaisaran. Hanya 18 bulan sebelumnya, Abbasiyah berhasil menumbangkan rival terkuatnya, yaitu dinasti Ummayah, dan menjadi kekuatan terbesar dalam dunia Islam, yang bertahan hingga lebih dari 500 tahun. Sedangkan di China, dinasti Tang masih terus berjalan hingga 150 tahun setelah peristiwa pertempuran Talas. Secara politis, memang terjadi penurunan pengaruh dinasti Tang di China terhadap kawasan Asia Tengah. Setelah pertempuran ini, pengaruh Islam semakin kuat dan mengakar di kawasan ini. satu persatu Negara-negara koloni China menyatakan merdeka, bahkan tidak sedikit yang melakukan pemberontakan.[1] Adapun Abbasiyah sendiri, meski Islam tidak secara langsung meraih pemeluk yang banyak, namun pengaruh mereka meningkat secara gradual di kawasan ini. Hanya berselang 250 tahun setelahnya, sebagian besar suku Kristen, Hindu, Zoroaster, dan Kristen Nestorian di Asia Tengah telah menjadi Muslim.
judul

Pertempuran Talas 751 M (2): Pertempuran Dinasti Abbasiyah melawan Dinasti Tang, Kekalahan Tang

  • Posted: 11-11-2019
  • Author: ADI PARTA PANE
Kisah ini bermula ketika sebuah perselisihan pecah di antara dua kerajaan kecil, Ferghana dan Chach.[1]Orang-orang China mengirim pasukan untuk mendukung Ferghana, sementara Chach meminta bantuan orang-orang Muslim. Pada bulan Juli 751, tentara China dan Abbasiyah bertemu di Sungai Talas di tempat yang sekarang terletak di wilayah perbatasan antara Kazakhstan dan Kirgistan. Sebenarnya belum ada informasi yang sangat rinci tentang pertempuran ini. Bahkan wilayah yang disebut Talas  pun baru berhasil diidentifikasi setelah membandingkan informasi pada teks-teks yang bersumber dari Arab dan China.

Apa Kata Mereka

ABDUR RACHMAN RASYID

Syukur yang tak terhingga kami ucapkan dapat melaksanakan Ibadah Umroh bersama Jasmine Tour & Travel. Dengan pelayanan dan fasilitas yang sangat memuaskan. Sukses selalu buat Travel Jasmine Tours Umroh & Hajj Service

ABDUR RACHMAN RASYID

HUNAIDAH ACHMAD SYAMLAN, SITUBONDO

Walaupun aku diberi kesempatan bebarapa kali umroh sama Allah, tapi nggak tahu kenapa umrah kali ini bener-bener kena banget. Insyaallah. Terima kasih buat Jasmine Tours. Terima kasih banyak. Aku cuma bisa berdoa, aku bisa umroh lagi di Jasmine Tours. Insyaallah bisa haji. Amin.

HUNAIDAH ACHMAD SYAMLAN, SITUBONDO

H. MUKTASIM MUSTOPA HAKIM, MADURA

Jasmine Tours siap mengantarkan Jamaah Umroh Keluarga. Fasilitas Hotel Bintang 5 dan makanannya ala Indonesia dan Arab

H. MUKTASIM MUSTOPA HAKIM, MADURA

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

Alhamdulillah bisa melaksanakan Ibadah Umroh dengan Jasmine Tour & Travel

SALWA NATUN WADIAH RAMLI

HOSNI BADRI MISKUM

Dari beberapa Travel Umroh yang telah kami ikutin, InsyaAllah Travel Jasmine adalah salah satu travel yang sangat mengedepankan pelayanan, fasilitas dan kepuasan Jamaah saat berada di tanah Suci. sukses selalu Jasmine Tours.

HOSNI BADRI MISKUM